Potensi Wilayah Kecamatan Purabaya

Potensi Wilayah Kecamatan Purabaya secara garis besar dapat digali kedalam beberapa kategori yakni :

a.  Pertanian

Potensi ini hampir merata diseluruh Desa yang ada di Kecamatan Purabaya, sedangkan komoditas unggulan dibeberapa Desa yang sangat dominan adalah padi dan perkebunan Teh Rakyat, Palawija, Jagung Manis, Kacang dan Singkong.

b.  Peternakan

Potensi ini berada di beberapa Desa yakni di Desa Purabaya, Neglasari, Pagelaran, Cimerang, Cicukang adapun potensi yang telah ada dan mungkin dikembangkan adalah peternakan Ayam, Sapi, Domba, ternak domba ini disebabkan pangsa pasar yang sangat terbuka yakni untuk konsumsi warung sate yang ada disepanjang jalur jalan Sukabumi s/d Sagaranten, juga untuk dijual ke pasar hewan di Kota Sukabumi.

c.  Gula Aren

Potensi gula aren yang dominan selain di Desa Citamiang, Margaluyu, Cicukang hanya terdapat di Desa Neglasari yang dikembangkan menjadi istilahnya gula semut, potensi ini telah dibina oleh berbagai institusi diantaranya BPMPD, TP. PKK Kabupaten Sukabumi sehingga perkembangannya sangat menggembirakan.

d.  Pengrajin Akar

Potensi pengrajin akar terdapat di Desa Purabaya yang dikelola oleh pengrajin dari kelompok masyarakat, produknya berupa meja dan kursi hiasan dari akar pohon mahoni dan pangsa pasarnya telah mendunia terutama untuk memenuhi pesanan dari Negara Belanda dan Negara-negara lain.

e.  Pengrajin Batu Aji

Potensi ini berada di Desa Purabaya dan Cimerang, adapun masyarakat kelompok pengrajin terdiri dari 14 kelompok baik besar maupun sedang dan kecil, pemasaran produknya untuk memenuhi permintaan baik didalam negeri maupun diluar negeri, saat ini telah dibina oleh DISKOPERINDAG dan mendapat bantuan berupa peralatan.

f.  Pengrajin Ijuk

Potensi ini berada di Desa Pagelaran, pengelolaannya dilakukan oleh Home Industri dan Karang Taruna, produksinya berupa sapu, kesed dan sikat, adapun hasil produksinya dijual untuk memenuhi pasar lokal baik kota maupun Kabupaten.

g.  Perdagangan

Perdagangan yang ada saat ini berpusat dilokasi pasar mingguan Desa Purabaya yang kiranya perlu dikembangkan, selain lokasi tersebut sudah padat juga mengganggu arus lalu lintas karena lokasi Pasar berada disekitar jalur Jalan raya Sukabumi s/d Sagaranten, sehingga apabila hari pasar (hari jumat) berdampak terhadap keamanan, ketertiban dan kelancaran lalulintas, adapun potensi para pedagang adalah dari pedagang menetap dan pendatang.


LINK TERKAIT